Selasa, 15 Mei 2012

Resep Cara Membuat Lapis Legit Manis

Resep cara membuat lapis legit | Penggemar lapis legit ternyata tidak sekedar dari Indonesia sendiri lho. Orang-orang luar sana juga suka sama kelezatan lapis legit ini. Gak percaya? nih, saya dapat sumber dari hot.detik.com bahwa seorang penyanyi sekaligus penulis lagu Inggris bernama Mika pernah terkagum-kagum dengan kelezatan kue lapis. Tahu Mika kan? kalau gak tahu berarti gak gaul, itu lho yang menyanyikan lagu "Love Today". Awalnya Mika datang ke Indonesia, dan ini baru pertama kali ia menginjak bumi tanah air kita. Sengaja ia datang karena akan menyanyikan lagu pada konser yang diadakan di Indonesia dengan kerjasamanya. Saat diwawancarai di Hotel Dharmawangsa ketika jumpa pers, dia mengatakan bahwa jika ia pergi ke negara lain, salah satu hal disukainya adalah mencicipi masakan di negara tersebut atau berwisata kuliner. Saat ditanya, "Mika mau makan apa?" Dia menjawab kalau dia mau makan sejenis pancake namun memiliki bentuk yang berlapi-lapis. "Apa namanya?" orang di situ bilang, " apa kue lapis?". Mika bilang, "ya, it's so amazing!" Dan sebenarnya dia juga ingin mencoba masakan yang pedas-pedas, karena Indonesia terkenal dengan masakan yang pedas-pedas. Namun dia belum sempat mencicipi makanan-makanan yang ingin dicobanya waktu itu. Itu membuktikan kalau dia pernah makan kue lapis dan ingin menikmatinya sekali lagi, sampai-sampai dia bilang kalau kue itu luar biasa.

Resep cara membuat lapis legit | Pada bahan untuk membuat kue lapis ada bumbu spekoek, kalau yang belum tahu, spekoek itu merupakan campuran cengkih bubuk, kayu manis bubuk, bubuk kapulaga, dan pala bubuk. Di negara kita biasanya bumbu ini dipakai untuk membuat kue lapis legit. Tapi, tidak jarang juga ada yang memakainya untuk menambah aroma dan rasa pada kue brownies, puding, aneka kukis, dan dimsum. Spekoek biasanya diperjualbelikan dalam kemasan yang sudah siap pakai. Kadang dikemas dalam botol plastik, kaleng, atau kemasan plastik flip-flop. Langsung saja, bagaimana langkah-langkah dalam membuat kue lapis legit ini.

Bahan-bahan untuk membuat lapis legit :
lapis legit
  • vanili bubuk setengah (0,5) sendok teh
  • bumbu spekoek satu (1) sendok makan (beli yang kemasan siap pakai di toko bahan kue)
  • tepung terigu seratus (100) gr, (tepung ini diayak dengan bumbu spekoek tadi)
  • telur (30) butir (ambil kuningnya saja)
  • margarin 200 gr
  • susu tiga (3) sendok makan (pilih susu yang enak, yang penting susunya manis dan kental)
  • mentega (300) gr
  • gula bubuk (350) gr
Cara membuatnya :
  1. margarin dan mentega di-mix (dikocok) sampai benar-benar menjadi adonan yang lembut. Tambahkan susu manis, mix lagi sampai rata. Lalu sisihkan
  2. Gula, vanili, dan kuning telur dikocok sampai mengental dan mengembang. Masukkan adonan mentega tadi pelan-pelan sambil aduk-aduk, lalu campur dengan tepung terigu, aduk lagi hingga rata semuanya.
  3. Panaskan oven dengan temteratur 160° Celsius. Siapkan loyang yang berukuran 22 x 22 cm, dan alasnya diberi olesan mentega dan taburan tepung.
  4. Tuangkan adonan sebanyak 3 sendok makan di atas loyang lalu ratakan dan panggang di dalam oven higga berwarna agak kecokelatan. Ambil kue itu dari loyang, bagian permukaannya diratakan dengan sendok agar benar-benar rata dan padat.
  5. Kemudian tuangkan lagi adonan sebanyak 3 sendok makan, dan panggang lagi sampai berwarna agak kecokelatan. Api bawah dimatikan dan api atas nyalakan. Ulangi hal demikian sampai semua adonan habis. Panggang memakai api atas saja, dan apinya jangan terlalu besar.
  6. Apabila adonan telah habis, api atas dimatikan lalu panggang memakai api bawah sebentar saja sekitar 10 menit agar matangnya bisa rata.
  7. Jika sudah, angkat dan biarkan agar kue lapis dingin. Sekarang siap untuk disantab.
Resep cara membuat lapis legit | Lapis legit banyak sekalu dijual ditoko-toko. Saya masih ingat pertama kali merasakan lapis ini. Memang harganya agak mahal, tapi setelah merasakan rasanya, bikin ketagihan. Orang luar aja suka apalagi kita. Jumlah lapisan pada lapis legit memang banyak sekali, berbeda dengan lapis Surabaya yang hanya terdiri dari 3 lapis. Inilah ciri khas masing-masing lapis yang ada di Indonesia. Selamat membuat...


        0 komentar:

        Posting Komentar

         

        Resep Dapur Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template